Jumat, 09 September 2011

Sirkuit Balipat Binuang











Sebenarnya bukan hanya sukses H.Yudhistira yang membuat maniak balap Jawa harus berbenah. Melihat Sirkuit Balipat Binuang, di Kalimantan Selatan pun seharusnya Jawa merasa tertampar. Sebab, jauh dari keramaian publikasi, Balipat justru menyuguhkan sirkuit permanen road race yang bisa dibilang terbaik di Indonesia.

Soal Lay-Out sudah serind diulas. Tapi, ada tambahan yang makin menarik soal Balipat. Dari titik manapun, penonton bisa melihat 99 persen aksi pembalap di sirkuit. Apalagi penonton di tribun. Mereka dipayungi atap yang bikin panas menyingkir, Paddock dibuat mewah, mungkin mirip rumah sederhama tipe 36 dengan warna-warni menarik.

itus saja? Maaf..., salah jika beranggapan balipat akan berpuas diri. Kabar yang didapat dari H.Rihan Variza, selaku pemilik sirkuit yang juga mantan pembalap Indoprix dimusim balap 2007 dan 2008 ini, mengatakan Balipat akan terus berbenah. Rencana, jalur pit-lane akan didekatkan lagi dengan pit. Selain itu, akan ada perbaikan untuk fasilitas penonton lainnya.

Upaya pengelola Balipat tidak berhenti disitu. Akan ada pengembangan besar. Rencananya, balipat diubah untuk memenuhi standar balap Asia. Sehingga, Balipat akan menjadi tuan rumah gelaran FIM Asia Road Racing Championship atau Asian GP.
"rencananya Trek akan diperpanjang menjadi 3 km. Desain tikungan juga berbeda" ungkap H.Ciut yang juga paman H.Rihan ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar